Begini, Cara Setting Kamera DSLR dengan Benar !

Cara Setting Kamera DSLRKadang kita berfikir jika kamera dengan harga yang mahal dan canggih, maka hasil gambar dari kamera tersebut akan semakin bagus tapi ternyata itu salah, kamera akan menghasilkan gambar yang bagus jika kamu juga bisa menyetting kamera mu dengan  baik, maka bukan tidak mungkin walaupun harga kamera yang kamu miliki kamera yang tergolong murah, dan fitur dari kamera yang kamu miliki tergolong kamera yang standar dan tidak terlalu canggih, namun hasil gambar yang kamu dapatkan akan tetap bagus.

cara setting kamera dslr

Cara Setting Kamera DSLR, via : www.likeship.me

Dan terkadang jika kita salah dalam menyetting kamera maka kamu harus berkali kali melakukan koreksi pada hasil foto, dengan begitu penggunaan memori juga akan semakin boros karena untuk menyimpan hasil gambar yang tidak maksimal, maka dari itu, Kamera Cantasi akan memberikan beberapa cara setting kamera DSLR dengan benar, tips ini juga berlaku untuk cara setting kamera DSLR Canon, nikon, maupun merk yang lainnya.

Cara Setting Kamera DSLR dengan Benar

  • Selalu Periksa Daya Baterai Sebelum digunakan
cara setting kamera DSLR

Cara Setting Kamera DSLR, via : tekno.liputan6.com

Memeriksa daya baterai menjadi salah satu hal penting, karena baterai menjadi salah satu sumber energi dari kamera itu sendiri, dan jika kamu baru membeli kamera, pastikan kamu langsung melakukan pengisian pada baterai, pastikan baterai sudah terisi penuh, dan ketika baru membeli kamera lakukan pengecekan pada perlengkapan kamera seperti kabel USB, charger dan sebagainya.

  • Periksa Settingan Settingan White Balance
cara setting kamera DSLR

Cara Setting Kamera DSLR, via : www.youtube.com

Perlu kalian ketahui white balance menjadi salah satu hal yang penting dalam fotografi, karena white balance sendiri berfungsi agar kamera dapat menyesuaikan dengan cahaya yang ada pada objek, jadi dengan begitu kamu tidak perlu terlalu repot mencari pencahayaan yang tepat dalam memotret.

  • Periksa Settingan ISO

Periksa settingan ISO juga sangat penting karena fungsi ISO sendiri adalah untuk mengukur sensitifitas sensor terhadap cahaya, jadi kamu harus pintar pintar dalam melaukan penyettingan ISO dengan begitu kamu akan tetap mendapatkan hasil yang maksimal meskipun melakukan pengambilan gambar di tempat gelap, maupun sebaliknya ketika kamu melakukan pengambilan gambar di tempat yang terlalu banyak cahaya. Jadi intinya sesuaikan dengan kemampuan kamera contohnya pada cara setting kamera DSLR Canon EOS 1100D atau pada cara setting kamera DSLR Nikon D3200 kamera ini memiliki rentang ISO yang tidak terlalu lebar hanya 100-6400 jadi kamu bisa manfaatkan dengan baik dengan rentang ISO selebar itu.

  • Setting Picture Style

Mungkin hal yang satu ini jarang di dengar bagi fotografer pemula, dalam cara setting kamera DSLR kali ini akan dijelaskan picture style sendiri sangat berpengaruh pada hasil gambar seperti ketajaman foto, warna, dan tone, picture style sendiri terdapat 10 jenis, namun di kamera canon terdapat 7 jenis picture style, seperti Auto (untuk picture style auto), Monochrome (untuk picture style dengan hasil hitam putih atau sephia, Faithfull (untuk picture style high), Neutral (Untuk picture style dengan kondisi netral), Potrait (Untuk picture style pengambilan objek manusia), Landscape ( Picture style untuk pengambilan gambar pemandangan), Standard (Untuk picture style standar).

  • Periksa Colour Space

Pada cara setting kamera DSLR colour space sendiri berperan sebagai yang mempengaruhi berapa spektrum warna yang bisa di reproduksi oleh kamera ketika melakukan penyimpanan gambar pada memori.

  • Pengaturan Image Stabilization

Image stabilization sendiri memiliki fungsi untuk menjaga ke stabilan kamera, jadi intinya ketika kita melakukan pengambilan gambar dan hasilnya tidak maksimal karena getaran ketika pengambilan gambar, kamu bisa manfaatkan fitur kamera yang satu ini, jadi kamu bisa sesuaikan image stabilization sesuai dengan medan pengambilan gambarnya.

  • Periksa Setting Drive Mode

Drive mode sendiri pada cara setting kamera DSLR berfungsi memberikan opsi atau pilihan pada fotografer saat memotret, opsi  tersebut diberikan sesuai dengan kondisi pemotretan. Drive mode sendiri terdapat beberapa jenis, seperti Single Shoot, Self Timer, Continous/Burst, Remote, Silent /Quiet.

  • Atur AF Point

AF Point sendiri digunakan untuk mengatur titik fokus yang diinginkan fotografer, jadi intinya kamu akan memilih mengatur secara manual titik fokus dari kamera.

  • Mengatur Autofokus

Jika AF point melaukan pengaturan fokus secara manual, autofokus sendiri membantu fotografer agar tidak perlu repot mencari titik fokus yg bagus, fotografer hanya perlu menekan setengah atau 50% dari tombol shutter maka kamera akan otomatis mencari fokus yang baik pada objek yang akan di ambil.

  • Periksa Settingan Ukuran dan Format Foto

Melakukan settingan ukuran gambar menjadi hal yang penting tidak hanya untuk melakukan pengambilan foto namun memeriksan settingan ukuran gambar juga penting pada cara setting kamera DSLR untuk merekam video. Menyetting ukuran gambar menjadi penting karena hal tersebut akan lebih hemat dalam penggunaan memori, karena fotografer akan menyetting sesuai dengan kebutuhan fotografinya.

  • Mengatur Metering Kamera

Metering kamera berfungsi untuk menentukan nilai variabel exposure (Shutter Speed, ISO, Aperture), jadi bisa dibilang juga fungsi dari metering sendiri adalah untuk membagi seluruh objek foto menjadi beberapa zona atau wilayah yang nanti nya zona atau wilayah tersebut bisa diatur untuk nilai gelap dan terangnya.

  • Setting Flash Pada Kamera

Hal yang satu ini tidak selalu harus digunakan karena flash sendiri digunakan jika memang dibutuhkan, pada cara setting flash kamera DSLR sendiri terdapat beberapa teknik ada fill in flash yaitu flash yang digunakan untuk menyeimbangkan flash di siang hari, kemudian ada slow sync flash yaitu mode flash yang digunakan di tempat dengan kondisi gelap atau malam hari, dan yang terakhir ada teknik bouncing yaitu teknik dengan mengarahkan lampu flash ke langit langit terutama yang memiliki warna putih, sehingga pantulannya bisa menerangi objek yang akan di foto.

Nah, itu tadi sedikit tips tentang bagaimana cara setting kamera DSLR yang benar, jadi intinya harga kamera yang mahal maupun fitur yang canggih tidak menjamin hasil gambar yang bagus, hasil gambar yang bagus juga didukung oleh keterampilan dari fotografer dalam mengambil gambar dan juga melakukan setting pada kamera nya.

Katalog kamera :

  • xara mengubah ukuran gambar kamera canon1200
  • cara mengubah settingan ketajaman gambar pada dslr
  • cara mengatur white balance pada kamera dslr canon 1200d
  • cara mengatur kamera fujifilm
  • cara mengatur flash dslr standar
  • cara mengarahkan titik fokus kamera dslr canon 1200d
  • cara mengambil gambar melengkung dengan kamera nikon d3400
  • Cara membersihkan Nikon D3400
  • cara agar stabilizer kamera tidak gelap
  • canon eos 1100d cara setting on flash manual
Begini, Cara Setting Kamera DSLR dengan Benar ! | KameraCantasi | 4.5